May 21, 2024

Dinas Pertanian Kabupaten Tambrauw pada hari Selasa 20 Juni 2023 melaksanakan penanaman perdana bibit cabai di Distrik Fef Kabupaten Tambrauw sebagai upaya pengendalian inflasi. Hadir dalam kesempatan itu, Penjabat Bupati Kabupaten Tambrauw Engelbertus G Kocu, S.Hut, MM,Sekda M Zen Hayatudin, S.IP, MM, asisten sekda, Forkopimda/ Forum Komunikasi Pimpinan Daerah diantaranya Pimpinan OPD ( Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan, Dinas Perumahan, hingga Dinas Kesehatan), Kaporles, Dandim 1810, juga pimpinan Bank Papua turut melakukan penanaman.

” Kabupaten Tambrauw merupakan salahsatu daerah yang masuk dalam kategori kemiskinan ekstrim. Oleh karena itu, melalui Sektor Pertanian di distrik Fef ini diharapkan dapat menjadi contoh agar di distrik lainnya juga dapat dilakukan hal yang sama, segingga dapat meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kabupaten Tambrauw” Penjabat Bupati Tambrauw Engelbertus G Kocu S.Hut, MM dalam sambutannya.

Terdapat 2 bibit cabai yang ditanam dilahan tersebut, yaitu cabai hasil semai dari buah cabai langsung dan cabai hasil semai dari kemasan. Tanaman cabai sendiri dipilih karena memiliki nilai jual yang tinggi dan permintaannya tidak pernah habis.

Kepala Dinas Pertanian Thomas Kofiaga S.ST dalam laporannya mengatakan, ” Menurut data Ketahanan Pangan, Komoditas Cabai termasuk yang tertinggi di Kabupaten Tambrauw. Oleh karena itu, dilakukan penanaman bibit cabai di lahan Fef dan akan dikembangkan lagi di distrik-distrik lainnya”.

Penanaman bibit dilakukan di lahan milik pemerintah daerah seluas satu hektar. Selain penanaman, dalam acara yang dipandu oleh Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Tambrauw Yulianus Semunya, S.P, penyerahan bibit sayuran secara simbolis di tujuh distrik diserahkan kepada petani yang dihadirkan sebagai bentuk pencegahan stunting di Kabupaten Tambrauw.

Dokumentasi:

Sumber: Dinas Pertanian Tambrauw